Ketika Anda membaca halaman ini, saya yakin bahwa Anda ingin agar situs atau website Anda muncul di Google. 

Secara sederhana, jika Anda ingin Website muncul di Google dan mesin pencarian lainnya, maka situs Anda perlu di indeks. Maksudnya di indeks adalah website Anda perlu di kenali oleh mesin pencari.

Kenapa Website harus muncul di Google

Dewasa ini, terutama semenjak pandemi Corona melanda berbagai belahan dunia, banyak orang berlomba agar website mereka dapat muncul di google. 

Seperti kita ketahui, ada beberapa nama mesin pencari selain Google, yaitu Bing dan Yahoo. 

Sementara Google adalah mesin pencari dengan jumlah pengguna terbanyak di bandingkan dua mesin pencari lainnya. 

Itu sebabnya banyak orang ingin agar website mereka harus muncul di Google.

Alasan kedua kenapa bisnis Anda yang diwakili oleh website Anda, harus muncul di Google, karena saat ini hampir 59% manusia di muka bumi ini mengakses internet. 

Dalam hal ini mesin pencari seperti Google salah satunya. Anda dapat simak infographis di sebelah ini yang disajikan oleh socialmediatoday

Namun, dengan Anda memiliki website saja belum cukup. Anda perlu memastikan bahwa Website Anda dan keseluruhan bisnis Anda sudah sesuai dengan konsep Digital Marketing.

Beberapa klien baru kami yang datang melakukan konsultasi SEO dengan kami mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan jasa optimasi website dari pihak penyedia jasa SEO murah, namun kenyataannya situs yang mereka miliki belum juga menunjukkan performa SEO yang baik. 

Dan dari autopsi situs yang telah kami lakukan, sering sekali kami dapati bahwa website mereka belum ter-indeks oleh mesin pencari. Situs mereka belum dikenali oleh mesin pencari.

Tapi sebelum lebih lengkap kami jelaskan seperti apa cara google mengenali website Anda, berikut kami jelaskan terlebih dahulu cara kerja mesin pencari Google dan berlaku juga seperti mesin pencari lainnya.

Cara Kerja Google

Ingin di kenali Google

Secara garis besar, mesin pencari seperti Google melakukan dua pekerjaan, yaitu pekerjaan merayapi atau menelusuri (Crawling) dan pekerjaan membukukan atau Indexing.

Mesin pencari seperti Google atau Bing atau Yahoo tidak memperbarui secara otomatis. Mereka bergantung pada program komputer laba-laba (spider). Program komputer spider ini berupa potongan kecil kode komputer yang dikirimkan oleh setiap mesin pencari untuk “merayapi” website yang ada (karenanya, “laba-laba”).

Melakukan Crawling

Proses perayapan oleh program komputer ini dimulai dengan daftar alamat web dari perayapan sebelumnya dan peta situs (sitemap) yang disediakan oleh pemilik situs web. Saat perayap Google mengunjungi situs web ini, mereka menggunakan tautan di situs itu untuk menemukan laman lain. 

Perangkat lunak ini memberikan perhatian khusus pada situs baru, perubahan pada situs yang ada, dan tautan mati. Program komputer Google ini menentukan situs mana yang akan dirayapi, seberapa sering dan berapa banyak laman yang diambil dari setiap situs.

Tugas laba-laba adalah mencari hal-hal baru di web dan memperbarui versi situs Anda yang sudah diindeks. “Hal baru” itu bisa menjadi halaman baru di situs yang ada, perubahan halaman yang ada, atau situs atau blog yang sama sekali baru. Pekerjaan mencari hal-hal baru ini di istilahkan dengan crawling atau merayapi.

Setelah laba-laba menemukan situs atau halaman baru Anda, maka ia perlu mencari tahu apa situs atau halaman baru Anda itu. Apakah website Anda berisi video, tulisan atau gambar serta konten-konten apa saja yang tertuang dalam website Anda. 

Ini penting dilakukan sehingga program laba-laba ini dapat mengelompokkan konten yang tepat untuk ditayangkan pada pencari informasi atau calon pengunjung website kita nantinya.

Bagi Google sebagai mesin pencari, situs website diibaratkan seperti perpustakaan yang terus berkembang dengan miliaran buku dan tanpa sistem pengarsipan terpusat. Oleh karena itu Google menggunakan perangkat lunak yang dikenal sebagai perayap web untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum. 

Perayap melihat laman web dan mengikuti tautan di laman itu, persis seperti yang kita lakukan ketika kita menjelajahi konten di suatu web. Laba-laba ini juga beralih dari satu tautan ke tautan lainnya dan membawa data tentang laman web tersebut kembali ke server Google.

Melakukan Indexing

Setelah melakukan proses penelusuran atau merayapi tadi, program komputer Google ini akan melaporkan ke server Google tentang hasil temuannya dan melakukan pembukuan atau indexing atas informasi yang telah di peroleh program komputer laba-laba tadi. 

Mereka akan mencatat dan memberikan indeks atas konten yang terdapat dalam website kita. Gambar, tulisan, video, link yang tertaut masuk atau keluar, dan semuanya akan di catat dan di indeks oleh program laba-laba tadi.

Dan tentunya tahapan “dikenali” atau di “indeks” ini adalah tahap pertama yang harus Anda pastikan sudah dilakukan pada situs Anda. Karena akan percuma ketika Anda sudah melakukan banyak strategi SEO namun kenyataannya situs Anda sama sekali belum pernah dikenali oleh mesin pencari.

Karena ketika situs Anda sudah mulai dikenali oleh mesin pencari melalui program laba-laba tadi, maka situs Anda akan mulai masuk ke mesin pencari atau istilahnya SERP (Search Engine Result Page).

Namun, yang perlu dijadikan perhatian juga adalah tentunya Anda tidak ingin situs Anda hanya di indeks sekali saja. Anda ingin mesin pencari tetap mengindeks situs Anda.

Dan Anda ingin agar laba-laba perayapan dari mesin pencari ini melakukan pekerjaannya dengan efisien dan terus menerus dilakukan kepada situs kita.

Agar Website Tetap Dikenali oleh Google

Dahulu kala (sejak mesin pencari di buat), mesin pencari cukup mencari pengulangan kata kunci yang di target dalam satu halaman web. Itu sebabnya mungkin Anda masih akan menemukan beberapa website yang memiliki banyak pengulangan kata dan itu sangat menyebalkan sekali untuk kita baca dan kita malas untuk mengunjungi website seperti itu.

Untuk keberhasilan situs Anda tetap berada di halaman pertama Google, Anda tidak dapat lagi mengandalkan strategi SEO dengan teknik lama seperti ini. Resikonya, website Anda akan di banned atau di blokir oleh mesin pencari. Website yang seperti ini akan tenggelam di urutan yang jauh sangat dalam untuk tidak di tampilkan lagi di mesin pencari.

Beberapa cara yang saat ini sudah salah dalam melakukan SEO yaitu menempatkan kata kunci berada di badan halaman itu sendiri. Selain itu masih banyak orang yang memberikan peringkat untuk nama merek pesaing terbesar mereka hanya dengan mengisi lusinan variasi nama merek itu di meta tag halaman!. Semua ini cara yang sudah usang dan lambat laun website seperti ini akan di buang oleh mesin pencari.

Saat ini, Google jauh lebih mementingkan pengalaman pengguna secara keseluruhan di situs Anda dan mencari tahu niat pengguna di balik pencarian – yaitu, apakah pengguna ingin membeli sesuatu (bertujuan komersial) atau mempelajari sesuatu (bertujuan mencari informasi)?

Jadi, point apa saja yang harus Anda perhatikan agar website tetap dikenali oleh Google?

Memastikan Website sudah dikenali Google

Pastikan Anda sudah mendaftarkan website Anda untuk di rayapi dan di indeks oleh Google dan mesin pencari lainnya. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan website Anda ke Google Search Console. Silahkan klik https://search.google.com/

Daftarkan ke Search Console agar website muncul di Google

Optimasi Secara SEO

Yang di maksud dengan optimasi secara SEO adalah melakukan beberapa tahap perbaikan website atau situs Anda agar lebih ramah dan mudah dikenali secara SEO yang pada akhirnya website Anda akan lebih mudah dikenalo oleh mesin pencari apapun, baik Google, Bing ataupun Yahoo.

Bicara tentang SEO tidak selalu berkaitan dengan kata kunci. Jangan salah paham – kata kunci tetap penting, tapi faktor-faktor lainnya juga penting. Bahkan menurut Brian Dean dari Backlinko, ada 200 point yang harus Anda lakukan pada website Anda agar website Anda dikatakan sudah dioptimasi secara SEO. Dan ini termasuk hal-hal seperti tautan masuk berkualitas, sitemap, file robot, share sosial (meskipun tidak secara langsung), dan kode yang valid yang ada di semua halaman situs Anda.

Tetap Nyaman di nikmati

Semua mesin pencari saat ini berlomba-lomba untuk memberikan kenyamanan pada para pengguna mereka. Jangan sampai ada pengguna yang merasa kecewa dengan hasil pencarian yang disuguhkan oleh mesin pencarinya. Contoh kecilnya Anda tentu akan kecewa ketika Anda sedang mencari informasi di Google, namun informasi yang di sajikan oleh Google sama sekali tidak bermanfaat untuk Anda.

Dengan cepat Anda akan menutup website tersebut (ini dikenal dengan istilah Bounce Rate) dan segera mencari informasi dari website lainnya. Semakin banyak Anda mendapati informasi dari website yang tidak bermanfaat, maka tentu Anda pun akan mencari informasi dari mesin pencari lainnya seperti Yahoo atau Bing. Dan Google atau mesin pencari manapun tidak ingin pengguna mereka pindah ke mesin pencari kompetitor mereka.

Oleh karena itu, kenyamanan pengguna dalam berselancar di suatu website sangat diperhatikan oleh Google dan mesin pencari lainnya. Faktor kenyamanan ini juga memiliki banyak indikator penilaian. Mulai dari hal yang teknis hingga hal yang bersifat estetika. Untuk melakukan pengujian kenyamanan ini juga melibatkan banyak alat yang harus digunakan sebagai alat ukur. Namun setidaknya, sebelum Anda meminta calon pengunjung website Anda untuk menikmati konten Anda, sebaiknya Anda evaluasi dan ukur apakah Anda pun menikmati konten website yang akan Anda tampilkan nanti.

Update rutin konten

Peng-indeks-an adalah cara laba-laba mengumpulkan dan memproses semua data dari halaman dan situs Anda selama pe-rayapan-nya di seluruh web Anda.

Mesin Laba-laba mencatat dokumen dan perubahan baru, yang kemudian ditambahkan ke indeks yang dapat dicari yang dikelola Google dan mesin pencari lainnya. Halaman-halaman itu hanya ditambahkan jika mengandung konten berkualitas dan tidak memicu alarm dengan melakukan hal-hal seperti isian kata kunci atau membangun banyak tautan dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu pastikan Anda senantiasa melakukan perubahan secara berkala pada setiap konten yang ada di website Anda. Jangan sampai Anda membiarkan program komputer laba-laba itu menganggur, diam dalam bingung menunggu hal baru apa yang sudah di sajikan oleh website Anda. Ketika ini terjadi, maka program komputer ini akan pergi dan merayapi website lainnya dan Anda akan kehilangan momentum untuk tetap terhubung dengan mesin pencari Google.

Kesimpulan

Mesin pencari dewasa ini tidak menginginkan situs yang berisi sampah atau informasi yang tidak berguna bagi pembacanya. Mesin pencari saat ini sudah lebih pintar. Mereka dapat mengenali struktur tulisan dan isi konten di dalam situs kita. Mereka juga sudah lebih memahami padanan kata atau sinonim dari suatu kata. Di berbagai bahasa dunia.

Dan melakukan pekerjaan seperti ini yang mana agar website Anda tetap muncul di Google dan mesin pencari lainnya bukanlah hal yang sederhana dan cepat. Proses pekerjaan optimasi SEO ini memakan waktu yang cukup lama dan harus dilakukan secara periodik. Dengan banyak tolak ukur dan parameter yang harus di penuhi mulai dari sisi teknis hingga estetika website itu sendiri.

Jadi ketika Anda ingin membuat situs yang bisa di indeks oleh Google atau Bing dan mesin pencari lainnya, pastikan Anda sudah memahami struktur konten yang sudah ramah SEO. Jangan mudah tergiur dengan penawaran jasa SEO Murah yang menjanjikan mesin pencari melakukan indeks pada situs Anda dengan cepat dan murah.