Ada banyak faktor penting yang akan membuat kamar tidur kita lebih nyaman untuk digunakan sebagai tempat memulai aktivitas. Karena jika kita mulai aktivitas hari dengan perasaan atau mood yang kurang baik, maka dipastikan seharian itu akan kita lalui dengan tidak bahagia atau istilahnya mudah baper, terbawa perasaan.

Dari berbagai informasi yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber, setidaknya ada 10 faktor penting yang akan membuat kamar tidur kita nyaman. Dengan kamar tidur yang nyaman, maka dapat dipastikan pola istirahat pun akan lebih baik dan kesehatan kita akan kembali prima. Berikut 10 faktor penting yang perlu diperhatikan agar kamar tidur mu nyaman :

  1. Pemilihan Kasur, Bantal dan Selimut
  2. Perangkat elektronik
  3. Suara
  4. Pencahayaan
  5. Tempat penyimpanan
  6. Aroma
  7. Penataan Benda
  8. Suhu ruangan
  9. Motif
  10. Warna

Kita akan mulai bahas secara detail ke sepuluh faktor penting yang akan menentukan kenyamanan kamar tidur kamu.

Pemilihan Kasur, Bantal dan Selimut

Pemilihan kasur, bantal dan selimut menjadi hal pertama yang akan sangat mempengaruhi kenyamanan kamar tidur. Kenapa pemilihan kasur, bantal dan selimut mempengaruhi kenyamanan kamar tidur kamu? Karena memang ketiga benda ini akan selalu ada di setiap kamar tidur dan tidak akan ditemukan di ruangan lain di semua rumah.

Pemilihan kasur, bantal, selimut dan seprai menjadi faktor penting kamar nyaman
Pemilihan kasur, bantal, selimut dan seprai menjadi faktor penting kamar nyaman

Pemilihan kasur, bantal dan selimut ini tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing saja ya. Tidak ada yang salah dengan kasur yang keras atau kasur yang empuk. Begitu juga dengan pemilihan bantal dan selimut. Kita akan bahas lebih mendetail mengenai kasur, bantal dan selimut ini di artikel yang terpisah.

Namun, faktor penting yang harus kamu perhatikan dari ketiga benda ini adalah kenyamanannya. Pastikan kamu nyaman saat menggunakan ketiga benda ini. Ada orang yang nyaman dengan kasur yang keras, semisal orang-orang jepang yang lebih nyaman tidur dengan kasur tipis beralaskan lantai. Bukan dengan dipan atau ranjang yang biasa kita gunakan di Indonesia.

Tapi ada juga orang yang sudah berumur dengan kondisi tulang punggung yang tidak mungkin tidur di alas yang keras, maka pasti lebih nyaman dengan kasur yang empuk. Begitu juga dengan pemilihan bantal dan selimut.

Selain faktor kenyamanan, pastikan juga Kamu memilih motif atau corak yang tidak rumit. Tentu akan lebih baik jika bantal, seprai dan selimut yang digunakan tidak memiliki motif. Perlu diketahui bahwa adanya motif atau corak pada bantal, seprai dan selimut akan mempengaruhi kenyamanan saat tidur.

Selain dari sisi kenyamanan dan minimalisir penggunaan corak, perhatikan juga dari sisi material kain yang digunakan untuk kasur, bantal, seprai dan selimut. Karena pemilihan material kain pada bantal, seprai dan selimut ini juga akan mempengaruhi kenyamanan saat beristirahat. Bahan material yang terlalu panas dan kasar tentu akan membuat badan kamu tidak nyaman saat tidur.

Kesimpulan : saat melakukan pemilihan kasur, bantal seprai dan selimut, perhatikan 3 hal ini yaitu kenyamanan, minimal motif, dan bahan materialnya.

Perangkat elektronik

Siapa di antara kamu yang sering menonton TV di kamar tidur, di atas kasur sebelum akhirnya memejamkan mata? Tahukah kamu bahwa menonton TV sebelum beranjak tidur sangat tidak disarankan oleh para ahli kesehatan.

kurangi penggunaan alat elektronik saat di atas kasur
kurangi penggunaan alat elektronik saat di atas kasur

Menonton TV di dalam kamar tidur akan mengganggu pola tidur dan istirahat kita. Cahaya biru yang dikeluarkan dari TV saat malam hari akan mempengaruhi mata dan otak. Efeknya dapat terlihat dari pola tidur yang tidak nyenyak, gangguan suara dari TV, gangguan dari perubahan cahaya TV hingga pengaruh pada mimpi Kamu.

Selain menonton TV di kamar tidur, sebaiknya hindari juga berselancar di medsos dari gadget kamu saat akan tidur. Hindari hal-hal yang serius dan menguras pikiran saat berselancar di medsos menjelang tidur. Jikapun setelah seharian kamu belum membuka medsos, upayakan untuk melihat postingan yang santai dan menyenangkan. Jangan melihat info-info yang berat karena akan mempengaruhi alam bawah sadar dan akhirnya mempengaruhi kualitas tidur kita.

Tidak ada yang salah dengan adanya TV di kamar tidur atau membawa gadget kamu di atas kasur. Tapi pastikan hal-hal berikut ini yaitu :

  1. Ketahui batas maksimal kapan kamu harus tidur. Jam berapa kamu WAJIB tidur. Jangan terbuai dengan tayangan yang akan menghabiskan waktu istirahat kita hingga larut malam. Seringkali kita tidak bisa memberhentikan aktivitas hiburan sehingga tanpa disadari waktu sudah larut malam hingga tidak bisa bangun pagi dan akhirnya mengganggu rencana aktivitas kita keesokan harinya.
  2. Jangan menikmati konten yang terlalu serius dan berat, karena nantinya akan merasuk ke dalam alam bawah sadar dan mempengaruhi kualitas tidur kita.
  3. Pastikan satu jam sebelum tidur, kita sudah menghentikan semua aktivitas perangkat elektronik tadi. Pastikan layar TV sudah mati. Pastikan juga perangkat gadget sudah mati. Jikapun kamu membutuhkan alarm dari gadget, pastikan gadget sudah di setting dalam mode pesawat atau airplane mode, sehingga tidak akan ada radiasi sinyal yang aktif dari gadget kamu.

Suara

Faktor penting lainnya yang harus kamu perhatikan untuk membuat kamar tidur yang nyaman adalah faktor suara. Adanya suara yang masuk ke dalam kamar tidur terlebih di saat seharusnya beristirahat tentu akan kualitas istirahat kita.

faktor suara perlu diperhatikan untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman
faktor suara perlu diperhatikan untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman

Suara-suara yang mungkin masuk ke dalam kamar tidur kita bisa jadi berasal dari perangkat elektronik yang sudah di bahas sebelumnya. Baik itu suara dari TV yang masih menyala saat kita sedang terlelap tidur, maupun gangguan suara telepon yang secara spontan keluar.

Atau juga suara-suara yang bisa saja berasal dari luar kamar tidur kita, seperti suara bising lalu lalang kendaraan entah rumah kamu di pinggir jalan maupun kendaraan yang lewat di depan rumah.

Oleh karena itu untuk membuat kamar tidur kita lebih nyaman, pastikan tidak ada suara berisik yang berasal dari dalam kamar tidur maupun suara dari luar kamar tidur. Kamu bisa menggunakan wall panel sebagai salah satu usaha untuk menyerap suara yang berasal dari luar kamar.

Pencahayaan

Pencahayaan sangat mempengaruhi kenyamanan kamar tidur kamu. Cahaya yang terlalu terang maupun cahaya yang terlalu redup, yang tidak digunakan sesuai keperluannya tentu tidak baik bagi kenyamanan kamar tidur kamu. Semuanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas saat di dalam kamar tidur.

atur cahaya yang masuk ke dalam kamar tidur agar tetap nyaman
atur cahaya yang masuk ke dalam kamar tidur agar tetap nyaman

Idealnya, kita memerlukan dua jenis lampu yang akan digunakan sebagai sumber pencahayaan di dalam kamar tidur, yaitu lampu kamar utama dan lampu tidur. Lampu kamar utama di gunakan untuk menerangi kamar tidur saat kita beraktivitas di dalam kamar sebelum masuk jam tidur. Tapi ketika nanti sudah masuk jam tidur, maka kita matikan lampu kamar utama ini dan kita gunakan lampu tidur yang lebih redup.

Mengenai penggunaan lampu saat tidur ini, ada hadist yang sering di kaitkan dengan hal ini yaitu hadist :

Janganlah biarkan api di rumah kalian (menyala) ketika kalian sedang tidur

HR. Bukhari no. 6293 dan Muslim no. 2015

Memang jika melihat maksud dari ucapan Rosulullah tersebut dalam hadist di atas, tidak ada hubungan dengan nyala lampu, karena maksud hadist tersebut di atas mengenai anjuran untuk menghindari potensi kebakaran dari api yang masih menyala saat tidur. Silahkan simak penjelasan dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah dalam penjelasan dari Rumayso berikut ini

Namun ternyata memang secara medis saat ini menjelaskan bahwa mematikan semua pencahayaan menjelang tidur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saat itu belum ada istilah melatonin atau gelombang alpha yang sekarang kita dengar sebagai bagian dari ilmu tidur.

Sementara seiring perkembangan teknologi sekarang, banyak peneliti ilmiah yang menerangkan bahwa dengan ruangan yang gelap saat tidur, maka tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin dan membuat gelombang pikiran kita dalam kondisi alpha, yang mana ini sangat baik untuk kualitas tidur.

Faktor pencahayaan lainnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan gorden pada jendela. Salah satu fungsi gorden yaitu untuk menghalau sinar yang masuk, baik itu dari cahaya matahari di pagi hari dan sore hari, maupun menghalau sinar lampu dari kendaraan. Terlebih di saat tidur, lampu kendaraan yang melintas atau sinar matahari yang masuk di pagi hari dapat menembus kamar tidur kita. Untuk itu gunakan gorden yang tebal agar dapat menghalau sinar dengan baik.

Namun pastikan juga ketika kita sudah bangun, pastikan gorden ini di buka sehingga dapat membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan kamar tidur. Hal ini diperlukan agar ruangan kamar tidur kita tidak terlalu lembab. Pastikan juga ada pergantian udara dari luar kamar ke dalam kamar. Sehingga kamar tidur tetap nyaman dan juga sehat.

Oleh karena itu, untuk memastikan kamar tidur kita mendapatkan pencahayaan yang baik, pastikan :

  • Memiliki lampu kamar yang cukup terang dan juga lampu tidur yang cukup redup. Akan lebih baik jika Kamu mematikan lampu saat tidur. Bisa menggunakan timer sehingga lampu akan mati secara otomatis setelah kita terlelap tidur.
  • Gunakan gorden yang cukup tebal untuk menghalau sinar yang masuk saat kita tidur baik itu dari sinar lampu kendaraan ataupun sinar matahari di pagi hari.

Tempat Penyimpanan

Jika selama ini Kamu merasa kurang nyaman dengan kamar tidur yang ada saat ini, coba cek kembali apakah banyak barang berserakan di dalam kamar tidur mu? Jika memang iya, maka ini sesuai dengan hasil penelitian dari Universitas St. Lawrence Amerika yang dilakukan oleh Pamela Thacher seorang associate professor di bidang psychology.

kamar yang berantakan membuat tidur tidak nyaman
kamar yang berantakan membuat tidur tidak nyaman

Dalam penelitian tersebut di sampaikan bahwa orang yang terbiasa berdampingan dengan benda tergeletak sembarangan akan mudah mengalami kesulitan tidur dan memiliki kualitas tidur yang buruk. Tidur yang buruk diketahui dapat mengganggu kognisi secara umum.

Jadi, jika orang tersebut memiliki kamar tidur yang berantakan dan tidak dapat digunakan dengan tempat tidur yang kurang nyaman, maka risiko untuk disfungsi kognitif, depresi, dan stres dapat meningkat karena kualitas tidurnya yang memburuk.

Maka sebenarnya kita sendiri dapat berkaca dan melihat kenyataannya. Tentu kamu tidak akan merasa nyaman ketika harus tidur sementara di sebelah kasur ada tumpukan baju kotor, kabel charger HP yang tergeletak di lantai, buku yang bertumpuk setelah di baca saat menjelang tidur belum di rapihkan, dan kondisi berantakan lainnya. Pernahkah kamu mengalami hal seperti ini?

Jadi hal yang harus diperhatikan agar kamar tidur semakin nyaman yaitu pastikan kamu memiliki beberapa meja kecil atau laci atau tempat penyimpanan untuk merapihkan semua barang-barang yang sering di bawa ke kamar tidur.

Aksesoris seperti jam tangan, perhiasan atau pun kosmetik jika kamu perempuan, mulai saat ini harus sudah memiliki tempat penyimpanannya sendiri. Karena jangan sampai semua benda ini tergeletak sembarangan dan akhirnya membuat pengalaman mu di kamar tidur tidak menyenangkan.

Kami akan buatkan tips tentang cara membuat media penyimpanan ini dalam postingan yang terpisah.

Aroma

Adanya aroma di dalam kamar tidur akan mempengaruhi kenyamanan dan suasana kita saat berada di dalam kamar tidur. Dan bagi kamu yang memang bawaan penciumannya sudah tajam, pasti akan sangat terganggu dengan setiap aroma yang tercium.

Entah itu aroma yang datang dari kamar mandi ataupun aroma dari bakteri yang menempel di beberapa sudut ruangan kamar tidur. Yang umumnya terjadi misalkan aroma dari bau furniture yang ada di kamar tidur, entah di sebabkan kamar tidur yang terlalu lembab atau memang kualitas furniture yang kita gunakan.

aroma di dalam kamar tidur akan mempengaruhi kenyamanan dan suasana kita
aroma di dalam kamar tidur akan mempengaruhi kenyamanan dan suasana kita

Untuk perabotan dari plastik, semisal lemari baju dari plastik, dapat mengeluarkan bau ketika suhu kamar lebih panas. Atau memang kualitas plastik perabotannya sudah jelek dari sananya. Untuk perabotan dari kayu, biasanya akan berjamur dan mengeluarkan aroma tidak sedap ketika ruangan kamar tidur terlalu lembab.

Semua kembali pada kualitas masing-masing perabotan. Itu sebabnya ada beberapa produk kebersihan seperti kamper atau penyerap bau dan lembab dari beberapa merk yang dapat kita beli di minimarket yang fungsinya untuk mengatasi keluarnya aroma dari jamur.

Dan untuk kamu yang memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur, aroma tidak sedap juga dapat bersumber dari kamar mandi yang kotor. Selain itu bisa juga dari saluran pembuangan yang tidak lancar dan ini akan mengeluarkan juga aroma tidak sedap dari kamar mandi. Untuk itu pastikan selalu kebersihan kamar mandi di dalam kamar tidur kita dan bersihkan secara berkala saluran pembuangan airnya sehingga tidak ada kotoran yang mengendap.

Selain dua sumber bau tadi, aroma yang tidak sedap dapat juga berasal dari seprai dan selimut yang sudah lama tidak pernah di cuci. Apakah kamu masih ingat kapan terakhir kalinya kamu mengganti seprai dan selimut kamu?

Memang tergantung dengan pola hidup bersih kita, namun alangkah baiknya jika secara rutin kamu jadwalkan untuk mencuci seprai dan selimut kamu setiap bulan sekali. Kamu bisa gunakan waktu weekend kamu untuk mencuci ini semua sekalian ganti dengan yang lain sehingga tercipta suasana kamar tidur yang lebih segar dari sebelumnya.

Jangan sampai kenyamanan kamar tidur kamu terganggu dengan aroma yang tidak sedap di dalam kamar tidur. Untuk itu, pastikan kamu memperhatikan aroma yang tercium selama di kamar tidur. Kamu dapat mengatasi aroma tidak sedap ini dengan beberapa hal berikut :

  • Bisa gunakan aroma pengharum dan penghilang bau yang banyak di jual di minimarket, seperti kamper atau pengharum ruangan. Kamu juga bisa beli lilin aroma terapi untuk membuat suasana kamar tidur yang lebih relax.
  • Atau kamu juga bisa gunakan alat pengatur kelembaban seperti humidifier atau difuser yang banyak di jual di beberapa toko kebutuhan rumah tangga.
  • Jika dua alat di atas tidak berfungsi dengan baik, ada baiknya kamu gunakan irisan bawang merah untuk menetralisir aroma tidak sedap tadi. Aroma bawang merah yang dikeluarkan dari irisannya dapat membunuh bakteri di dalam ruangan sekaligus menetralisir bau yang tidak sedap.

Penataan Benda

Hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk membuat kenyamanan kamar tidur tetap terjaga yaitu tentang bagaimana kamu menata benda yang ada di dalam kamar tidur. Penataan benda yang kurang baik akan merusak mood kamu selama di dalam kamar tidur dan tentunya kualitas istirahat pun akan berkurang.

Ketika semua aksesoris dan benda pribadi kamu sudah ada tempatnya sendiri, sudah waktunya semua tempat ini di tata dengan baik. Selain agar mudah saat digunakan kembali, namun juga enak terlihat oleh mata.

kenyamanan kamar tidur tergantung bagaimana kamu menata benda di dalam ruangan
kenyamanan kamar tidur tergantung bagaimana kamu menata benda di dalam ruangan

Penataan benda yang sembarangan akan membuat kita tidak nyaman selama berada di dalam kamar. Terlebih jika memang ukuran kamar tidur kita sangat kecil, janganlah di tambah dengan banyaknya perabotan yang di bawa masuk ke dalam ruangan. Perabotan yang pada umumnya cukup di bawa masuk adalah kasur dan lemari baju. Jika masih ada space jarak kosong, kamu bisa menambahkan meja sudut di pinggir kasur.

Selain itu dari segi penataan kasur, beberapa pakar psikologis menyarankan untuk tidak menempelkan kasur ke jendela. Beberapa pertimbangannya yaitu kasur yang menempel ke jendela akan secara tidak sadar membuat kita ingin selalu mengintip keluar kamar ketika mendengar bunyi-bunyi yang tidak biasanya.

Selain itu juga, kasur yang menempel dengan jendela akan membuat sulit saat harus membuka dan mengganti gorden di kemudian hari. Dan pertimbangan lainnya, tentu kita akan sulit juga saat harus melepas dan mengganti seprai ketika kasur menempel dengan jendela.

Terlebih untuk kamu yang rumahnya di pinggir jalan protokol, jendela atau dinding juga akan jadi media perambatan getaran kendaraan sehingga kualitas istirahat kita akan banyak terganggu oleh hal ini.

Oleh sebab itu, pastikan semua benda dan perabotan yang ada di dalam kamar tidur di tata dengan baik. Berikan space dan jarak yang cukup untuk kita berlalu lalang di dalam kamar tidur sehingga semua sudut kamar dapat di jangkau.

Sesuaikan juga dengan hal penting lainnya yang sudah kita bahas sebelumnya seperti tentang pemilihan motif dan warna. Jangan sampai kita salah memilih warna benda sehingga tidak selaras dengan keseluruhan tema kamar tidur. Atau ada kesalahan pemilihan motif lemari baju sehingga malah harus kita tutup dengan lembaran kertas.

Suhu Ruangan

Suhu ruangan menjadi salah satu faktor penting yang akan membuat kamar tidur kita lebih nyaman. Siapa yang akan merasa nyaman untuk istirahat ketika suhu ruangan kamar tidur terlalu panas atau mungkin terlalu dingin? Untuk itu perlu kita perhatikan agar suhu ruangan kamar tidur tetap nyaman sesuai kondisi tubuh agar kualitas tidur yang baik dapat tercapai.

kenyamanan kamar tidur tergantung bagaimana suhu ruangan dapat terjaga dengan baik
kenyamanan kamar tidur tergantung bagaimana suhu ruangan dapat terjaga dengan baik

Setiap lokasi rumah dan juga lokasi kamar memiliki suhu ruangan yang ideal masing-masing. Ketika lokasi rumah kamu di tengah kota yang suhunya panas seperti pusat kota Cirebon atau pusat kota Majalengka, maka rasanya penggunaan AC sangat diperlukan untuk menjaga suhu ruangan di rumahmu tetap nyaman.

Tapi akan berbeda jika memang lokasi rumahmu di daerah pegunungan seperti di Kenanga Residence Sumber atau Cilimus Baru Syariah di Kuningan, maka kamu tidak perlu menggunakan AC karena memang lingkungan di sana sudah cukup teduh dan dingin.

Tapi juga lokasi kamar pun mempengaruhi suhu ruangan sekalipun memang lokasi rumah berada di tempat yang sebaliknya. Semua ini tergantung pada bagaimana kamu mendesain bangunan sehingga mempengaruhi sirkulasi udara di dalam ruangan.

Rumah yang berada di tempat yang panas seperti di Grahamas Depok Plumbon, memiliki sirkulasi udara yang sangat baik sehingga setiap sudut ruangannya tidak terasa panas. Tapi juga ada rumah yang berada di pegunungan namun karena kamar tidurnya tertutup tetap akan terasa panas karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik. Semua tergantung bagaimana Anda mendesain rumah.

Faktor lainnya yang akan mempengaruhi kenyamanan kamar tidur kamu yaitu penggunaan karpet di dalam kamar tidur. Lantai kamar tidur yang sudah menggunakan granit tentu akan membuat lantai terasa lebih dingin. Maka saat kita terbangun dari tidur, tentu akan lebih membuat nyaman ketika lantai yang dingin tidak mengagetkan kita.

Selain itu, adanya karpet juga akan menambah kenyamanan kaki kita yang setelah seharian berada di dalam rumah tanpa alas kaki. Namun memang konsekuensi dari adanya karpet ini, kamu harus mau membersihkan secara rutin karpet ini ya.

Maka kesimpulan kita dari faktor menjaga suhu ruangan ini adalah : pastikan suhu ruangan kamar tidur tetap terjaga dengan cara menggunakan AC atau kipas angin, atau memastikan sirkulasi udara tetap baik dan jika kamu mau, gunakan karpet lantai untuk menjaga kaki dari suhu ruangan yang terlalu dingin.

Motif

Adanya motif ini menjadi salah satu faktor penting agar kamar tidur kita tetap nyaman. Apa hubungan motif ini dengan kenyamanan kamar tidur? Karena pemilihan motif yang salah di aplikasikan di kamar tidur, akan mempengaruhi emosi kita saat melihatnya.

Apa jadinya ketika setelah seharian kamu sibuk dengan pekerjaan, saat ingin beristirahat di kamar tidur, kamu melihat motif ruwet yang justru akan menambah kepenatan pikiran? Bukannya emosi mu mereda, namun jangan-jangan malah menambah tingkat stress kamu.

motif yang rumit di kamar tidur akan mengganggu kenyamanan kamu di kamar tidur
motif yang rumit di kamar tidur akan mengganggu kenyamanan kamu di kamar tidur

Sebagaimana hasil penelitian dari Universitas St Lawrence yang sudah kita bahas di faktor penting nomor lima, maka motif yang abstrak, tegas dan penuh hanya akan membuat pikiran bawah sadar kita lebih berat dan terbebani. Dan ini sama halnya dengan kita melihat barang-barang yang berantakan tidak tertata rapi di sekitar kita.

Untuk itu, pastikan semua benda dan permukaan yang ada di dalam kamar tidur kita tidak memiliki motif yang tegas, rumit dan penuh, entah itu motif yang terpajang pada hiasan dinding, wallpaper, motif pada lemari maupun motif yang ada pada seprai, selimut, bantal dan kasur. Gunakanlah motif minimalis agar memberikan kesan kamar tidur yang luas dan menenangkan.

Warna

Pemilihan warna sudah banyak di ketahui akan mempengaruhi kenyamanan kamar tidur. Namun, warna seperti apakah yang harus digunakan agar kamar tidur lebih nyaman? Karena ternyata tidak semua warna cocok di gunakan di dalam kamar tidur karena warna yang tidak tepat akan mempengaruhi kenyamanan pandangan mata kita saat akan memejamkan mata.

Gunakan warna teduh untuk kenyamanan kamar tidur
Gunakan warna teduh untuk kenyamanan kamar tidur

Seringkali orang masih salah memahami dan memilih warna favorit untuk digunakan pada kamar tidur mereka. Namun, sebaiknya kita tetap mengenal warna-warna apa saja yang layak di gunakan di kamar tidur. Jangan sampai warna favorit kamu malah membuat kualitas tidur menurun, tidur lebih gelisah dan akhirnya sering mimpi buruk.

Beberapa pakar psikologis menilai sebaiknya kita menerapkan warna-warna yang teduh seperti warna lavender, abu-abu pucat, biru langit, pink pucat atau warna krem. Semua warna yang teduh ini akan membuat mata semakin mudah untuk beristirahat dan tidak akan mudah terganggu.

Justru sebaliknya, warna-warna yang terlalu tajam seperti warna merah, biru dan hijau sangat tidak disarankan untuk di gunakan di kamar tidur. Warna-warna tajam dan tegas seperti ini lebih tepat digunakan di ruangan kantor sehingga akan menambah semangat kita bekerja.

Jadi sudahkah kamu mengubah warna cat kamar tidur mu?

Baik, sekian 10 faktor penting yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber yang akan membuat kamar tidur mu lebih nyaman. Kesepuluh faktor penting ini wajib diperhatikan saat kita akan membentuk kamar tidur impian.

Sekalipun kamar tidur adalah ruangan yang akan lebih banyak kita gunakan, namun tidak perlu kita masukkan semua benda favorit ke dalam kamar tidur. Karena kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan mengembalikan keutuhan tenaga stamina kita setelah seharian beraktivitas, bukan tempat menyimpan banyak barang yang jarang digunakan.

Silahkan nantikan ulasan artikel kami selanjutnya tentang penggunaan foto dan pemilihan kostum tidur yang akan membuat pengalaman kita di dalam rumah lebih berkesan. Bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga mengetahui sepuluh faktor penting ini. Karena bisa jadi suatu hari nanti, kamu pun akan ikut menginap di rumah salah satu teman mu.

Mindmap 10 Faktor Penting Kamar Tidur Nyaman

Mindmap 10 Faktor Penting Kamar Tidur Nyaman

Infographic 10 Faktor Penting Kamar Tidur Nyaman

infographic 1
Infographic 2