Pencegahan virus corona agar dapur tetap ngebul

pencegahan virus corona

Obrolan Anies Baswedan dan Deddy Corbuzier tentang pencegahan virus corona

Semalam saya melihat dan mendengar obrolan Pak Anies Baswedan dengan Master Deddy Corbuzier yang membicarakan tentang pencegahan virus Corona atau istilah lainnya Covid Nineteen (Covid-19) di Jakarta.

 

Anda pun bisa melihat percakapan mereka yang di buat dalam 2 video terpisah yaitu di bawah ini.

Pencegahan virus corona dengan membatasi jumlah penyebarannya

Dari percakapan mereka, ada beberapa hal yang ingin saya bahas :

1. Penyebaran virus Corona ini sudah dalam tahap masif.

Dan hal yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat adalah menahan diri dari aktivitas di luar rumah dan membatasi berinteraksi dengan orang lain. Kita tidak tau apakah kita sudah terkena virus Corona atau belum. Begitu pula orang lain.

Maka, untuk menjaga penyebaran virus Corona, kita harus menahan diri untuk bersentuhan dan menjaga jarak dengan orang lain. Kita semua harus membatasi jumlah penyebaran virus corona di antara kita.

2. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mendeteksi diri kita apakah sudah terkena virus Corona atau belum dikarenakan masa inkubasi virus ini 14 hari, yang artinya dalam masa maksimal 14 hari tersebut sejak Anda terkena virus Corona, maka tidak banyak gejala yang di timbulkan oleh reaksi virus ini. Ini juga di pengaruhi oleh kondisi tubuh Anda.

Maka hal yang bisa kita lakukan adalah asumsikan diri kita dan orang lain adalah orang yang sudah kena virus.

Untuk itu, maka kita tetap menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak untuk berinteksi dengan orang lain.

3. Pandemi virus ini terjadi seperti kejadian pandemi virus Spanyol/Perancis di tahun 1918-1920 dan juga wabah penyakit kolera di tahun 1820.

Belajar dari sejarah, 2 kejadian wabah penyakit ini sudah memberikan dampak yang panjang bagi umat manusia saat itu dan akhirnya berpengaruh pada banyak sektor kehidupan manusia.

Ini artinya, kita perlu mempersiapkan perencanaan hidup kita untuk hal terburuk dari pandemi Corona ini, karena jangan sampai banyak sektor kehidupan kita terganggu dengan wabah ini.

4. Virus Corona ini bukan sebuah aib.

Maka tak perlu ada yang kita sesali. Jujurlah pada diri sendiri bahwa kita membawa virus Corona dalam tubuh ini.

Dan itu sebabnya kita harus mengikuti semua prosedur yang telah di tentukan oleh petugas kesehatan, apakah kita sebagai ODP ataupun PDP.

Jangan sampai kita menyebarkan virus ini kepada relasi dan keluarga kita yang lain, yang mereka tidak tau kalau kita membawa virus yang siap menempel pada mereka. Jangan korbankan orang kesayangan Anda.

5. Sebagaimana virus Corona ini terjadi di semua negara di dunia ini, maka hampir di semua negara menerapkan gaya hidup baru Work From Home (WFH) atau beraktifitas dari dalam rumah.

Dan banyak sekali hikmah kebaikan yang terjadi dari gaya hidup baru ini, misalkan kondisi lingkungan yang lebih baik dikarenakan berkurangnya pencemaran udara akibat polusi, peningkatan kualitas hubungan keluarga, dan sebagainya.

6. Jika belajar dari sejarah pandemi Flu Spanyol di tahun 1920 dan wabah kolera di tahun 1820, ternyata penanganan atas wabah penyakit ini memerlukan waktu yang cukup lama hingga kondisi kembali berjalan normal.

Sementara ini kita belum bisa memperkirakan kapan wabah Corona ini berakhir, karena di China pun yang awalnya mengira sudah ada penurunan jumlah penyebaran penyakit, ternyata kecolongan dengan adanya penambahan kasus baru sebanyak 53 kasus baru yang di akibatkan dari beberapa orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Ini artinya kita belum bisa berasumsi bahwa kasus penyebaran penyakit ini dapat mudah di hilangkan dalam waktu dekat.

Mungkin 6 hal ini yang bisa saya garisbawahi untuk kita ambil pelajaran dari obrolan Pak Anies Baswedan dengan Master Deddy Corbuzier tentang virus Corona ini.

Hal lainnya tentang kebijakan yang sudah diambil oleh para pejabat di sana tentang penanganan virus Corona di Indonesia, tak perlu lah kita komentari.

Kita semua harus mengutamakan kesehatan dan nyawa kita bersama. Jangan mengutamakan keselamatan perekonomian kita sementara banyak yang sakit dan meninggal dunia. Keselamatan ekonomi bisa di cari, namun keselamatan jiwa tidak akan bisa di cari lagi.

Pencegahan virus Corona agar dapur tetap ngebul

Jadi skenario terburuk apa yang perlu kita siapkan di tengah wabah Corona di Indonesia ini.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya perlu mulai kita ubah agar meskipun interaksi kita terbatas jarak, namun kita tetap produktif dan berkarya.

1. Mulai mengubah cara kita bekerja. Efek dari wabah Corona ini menyebabkan beberapa toko dan restoran menutup operasional mereka.

Tidak ada lagi orang yang berani makan di tempat umum, karena mereka semua takut terkena virus Corona. Namun ternyata di sisi lain, terjadi peningkatan penjualan dari layanan pemesanan online.

Oleh karena itu, sudah saatnya bagi pelaku usaha terutama di bidang makanan, untuk segera beralih membuka layanan pemesanan makanan secara online.

Cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan mulai berjualan di medsos seperti facebook, instagram atau twitter.

Untuk pengiriman barangnya bisa menggunakan jasa kurir, ojek online atau mungkin jasa pengiriman barang via drone.

pencegahan virus corona agar dapur tetap ngebul

Memang idealnya kita harus tetap mengurangi interaksi manusia. Jangan sampai ada akses penularan virus yang terjadi lewat interaksi pengiriman makanan ini. Sehingga idealnya kita bisa mulai menggunakan jasa pengiriman robot via drone atau mobil remote control seperti yang sudah dilakukan di negara lain.

2. Untuk pekerjaan administrasi seperti melakukan pembayaran tagihan, melakukan pengiriman dokumen, absensi karyawan dan pekerjaan kantor lainnya, sudah bisa dilakukan secara remote Work From Home.

Untuk melakukan pembayaran tagihan, sudah bisa menggunakan layanan internet banking atau mobile banking.

Untuk kegiatan surat menyurat, sudah bisa dilakukan dengan cara di scan atau di foto dan dikirimkan via email.

Untuk kegiatan project, sudah bisa menggunakan aplikasi project management yang banyak dijual di internet.

3. Untuk pekerjaan marketing dan sales sudah bisa dilakukan secara remote Work From Home.

Ilmu Digital Marketing dan Sales sudah waktunya dimanfaatkan agar operasional bisnis Anda tetap berjalan.

Aktivitas penjualan dan pembelian masih tetap bisa dilakukan dengan cara teleconference atau video call.

Beberapa pekerjaan yang belum bisa dilakukan menggunakan perangkat teknologi, memang masih tetap harus dilakukan secara manual dengan kehadiran manusia.

Seperti pekerjaan keamanan/security, pekerjaan pengiriman barang lintas kota dan negara, pekerjaan pembangunan konstruksi, tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.

Selain itu, kita juga perlu kembali menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga. Setidaknya kita lakukan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, memastikan diri bersih sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya.

6 Langkah Cuci Tangan Bebas Corona
cuci tangan bebas corona

Jadi, tak perlu takut berlebihan dengan adanya wabah Virus Corona ini. Yang kita perlu lakukan saat ini adalah tetap waspada agar tidak tertular dan menularkan serta menjaga kesehatan kita bersama. Namun juga tetap produktif sekalipun kita berada di rumah, sehingga pencegahan virus corona bisa kita lakukan dan dapur tetap ngebul.

Ikuti akun sosmed kami di bawah untuk mendapatkan info seputar properti dan syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *