Perumahan Syariah

menghitung biaya

Apa itu Perumahan Syariah?

Apa itu Perumahan Syariah? Perumahan syariah atau property syariah adalah perumahan yang di jual dengan menggunakan konsep Syariah Islam. Secara umum konsep perumahan Syariah menawarkan konsep lingkungan yang Syariah dan juga cara pembayaran yang sesuai Syariah Islam. Namun ada juga pengembang perumahan yang mengusung konsep lingkungan modern namun dengan cara pembayaran yang sesuai Syariah.
Jadi konsep lingkungan ini bukan sesuatu yang mutlak karena disesuaikan dengan minat pasar namun untuk konsep pembayarannya sendiri hampir semua pengembang menggunakan konsep pembayaran yang sesuai Syariah Islam.

Lantas seperti apa cara pembayaran yang banyak di tawarkan oleh perumahan Syariah itu sendiri?

Cara pembayaran yang menjadi ciri khas dari perumahan Syariah yaitu KPR Syariah tanpa riba tanpa ghoror dan tanpa dzolim. Tiga poin ini yang menjadi ciri khas dari akad transaksi yang akan dilakukan antara pengembang perumahan syariah dengan konsumen nya secara langsung tanpa ada perantara pihak ketiga.

Konsep property Syariah dengan penawaran KPR syariah yang tanpa riba tanpa ghoror dan tanpa dzolim ini semakin berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2000-an. Konsep seperti ini banyak di kenalkan oleh komunitas developer property syariah atau DPS.

Hal ini dikarenakan konsep KPR Syariah yang ditawarkan tidak menjadi beban bagi masyarakat dan tidak mengenal kelas masyarakat yang mana hampir semua lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang pekerjaannya bisa memiliki rumah yang ditawarkan oleh pengembang perumahan Syariah ini.

Kondisi ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan masyarakat terhadap akad KPR yang selama ini banyak ditawarkan oleh pihak perbankan dengan skema akad yang mengandung riba ghoror dan dzalim.

Oleh karena itu konsep perumahan syariah dan juga konsep KPR Syariah ini ini menjadi daya tarik baru di tengah masyarakat Indonesia yang menjadi solusi bagi mereka untuk dapat memiliki rumah dengan akad transaksi yang lebih adil dan menentramkan bagi kedua belah pihak.

Ikuti akun medsos kami di bawah