Tips agar rumah di jual mudah

jual property syariah

Apapun alasannya selalu ada kemungkinan untuk kita pergi meninggalkan rumah yang selama ini sudah kita huni, entah karena kita harus mendekati tempat kerja atau pindah untuk mengurus orang tua.

Dan daripada properti Anda rusak tidak terurus tidak menjadi uang, beberapa orang bahkan rela menjual rumah tersebut agar dapat membeli rumah di tempat dia yang baru atau pun di sewakan.

Namun ternyata menjual rumah tidaklah semudah yang Anda kira.

Karena selain nilainya yang besar, ratusan juta hingga milyaran, tentu juga banyak penilaian yang digunakan ketika akan membeli sebuah property.

Tambah lagi semakin banyak iklan perumahan baru yang dijual dengan harga dan penawaran yang menarik, sehingga menjual rumah second tentu bertambah menantang.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar rumah Anda mudah terjual di kemudian hari.

Tips ini kami dapat dari beberapa kasus sulit terjualnya property milik beberapa klien kami.

Lokasi

Perhatikan lokasi dimana property Anda berada.

Pahami karakter lokasi property Anda tersebut karena sebuah lokasi atau kawasan memberikan pengaruh nilai jual kepada orang yang sedang mencari rumah.

Apakah property Anda berada di posisi yang strategis, berada di ruas jalan yang mudah dilewati oleh kendaraan, posisi rumahnya di tempat yang sempit atau tidak, bagaimana kondisi air di daerah tersebut, apakah terkenal susah air, apakah property Anda berada di daerah banjir, dan sebagainya.

Bahkan ada sebagian orang yang menilai siapa calon tetangga yang nantinya akan menjadi tetangga rumah dia, apakah tetangganya orang yang baik dan ramah atau sebaliknya.

Karena penilaian tetangga ini juga cukup penting mengingat tetangga ini akan menjadi orang terdekat di sebelah rumahnya untuk waktu yang cukup lama.

Renovasi

Renovasi rumah dilakukan ketika dirasa rumah yang kita miliki sudah tidak nyaman.

jasa renovasi bangunanNamun, renovasi yang dilakukan pun dapat menjadi penyebab terhambatnya property yang Anda miliki sulit terjual di kemudian hari.

Kenapa renovasi rumah dapat menjadi penyebab terhambatnya property Anda terjual? Yaitu ketika renovasi yang Anda lakukan tidak di sesuaikan dengan lokasi sekitar rumah Anda.

Misalkan property Anda berada di kawasan pelosok tidak terurus, maka ketika Anda merenovasi property Anda terlalu mewah, property Anda akan sulit dijual di kemudian hari.

Karena ketika orang mencari rumah di suatu kawasan, tentu orang akan melakukan perbandingan harga dengan property di sekitarnya.

Rumah yang mudah terjual adalah rumah yang selaras dengan kondisi lingkungan sekitarnya, fasilitas lingkungan yang tersedia serta keuntungan apa saja yang akan dia dapatkan ketika membeli rumah tersebut.

Yang perlu Anda ingat bahwa nilai bangunan Anda cenderung turun seiring umur bangunan, sementara nilai tanah sebaliknya.

Oleh karena itu pastikan harga rumah yang Anda jual selaras dengan “harga” lingkungan di sekitarnya.

Jangan terlalu mahal atau terlalu murah.

Desain Rumah

Desain rumah pun sering menjadi salah satu faktor hambatan ketika proses negosiasi jual beli rumah dilakukan.

Desain rumah yang tidak ergonomis, tidak nyaman, tidak teratur, apakah itu desain interior maupun desain eksterior, akan menjadi penilaian calon pembeli rumah Anda nanti.

Seringkali pemilik rumah tidak mempertimbangkan desain rumahnya saat renovasi dilakukan dikarenakan keterbatasan wawasan dalam membuat rumah yang nyaman.

Nyaman dalam pandangan pemilik rumahnya belum tentu nyaman di mata semua orang.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan jasa arsitek rumah ketika Anda akan melakukan renovasi bangunan sehingga desain rumah Anda lebih cantik dan menaikkan nilai jual rumah Anda dikemudian hari.

Tempat parkir mobil

Seiring dengan perbaikan taraf ekonomi masyarakat Indonesia setiap tahunnya, maka pertimbangan orang dalam mencari rumah pun akan mempertimbangkan apakah rumah Anda ini menyediakan tempat parkir mobil, entah itu carport atau garasi.

Banyak sekali calon konsumen property Wasilah Realty mencari rumah yang memiliki carport untuk parkir mobil, apakah rumah tersebut dapat dilewati mobil dan tidak berada di dalam gang sempit.

Dan rumah yang tidak memiliki tempat parkir mobil serta berada di daerah yang sulit dilewati mobil, tentunya akan menjadi salah satu penghambat sulitnya property Anda terjual dikemudian hari.

Bahkan salah satu penilaian bagi pihak appraisal bangunan adalah apakah property dapat dilewati oleh kendaraan roda empat atau tidak.

Kondisi fisik bangunan

Calon pembeli property Anda tentunya akan melakukan survey untuk mengamati secara langsung kondisi fisik bangunan Anda.

Oleh karena itu pastikan fisik bangunan property Anda selalu dalam kondisi terbaiknya sehingga tetap menarik cantik di mata calon pembeli.

Gunakan pihak ketiga seperti Wasilah Home Management yang tugasnya mengurus dan merawat property Anda sehingga kondisi fisik bangunan property Anda tetap terjaga.

Ada beberapa bagian fisik bangunan yang lebih cepat rusak sehingga perlu Anda perhatikan agar kondisinya tetap baik, seperti bagian atap rumah, bagian dapur, bagian kamar mandi.

Ketika Anda dapat menjaga dan merawat property Anda, tentunya akan turut mempengaruhi menaikkan harga jual property Anda dikemudian hari.

Kondisi lingkungan pendukung

Apakah property Anda berada di lingkungan yang telah hidup ramai dengan banyak penghuni di sekitarnya ataukah property Anda berada di lingkungan yang masih sepi dari lalu lalang orang.

Pada kondisi lingkungan yang sudah ramai, tentunya fasilitas pendukung lingkungan pun telah ada seperti ruang terbuka publik, sarana ibadah, ruko atau toko yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, maupun sarana prasarana lingkungan lainnya.

Sehingga calon pembeli property Anda pun akan mempertimbangkan kondisi lingkungan pendukung di sekitar property Anda berada.

Harga sesuai kualitas yang di berikan

Akhirnya ilmu menjual pun perlu Anda pahami ketika akan menjual property Anda.

Mahal murahnya sebuah produk tergantung pada seberapa besar manfaat yang dapat diberikan oleh produk tersebut dan dapat dirasakan oleh calon pembelinya.

Property Anda akan di nilai mahal ketika calon pembeli Anda tidak dapat merasakan keuntungan yang dimiliki oleh property Anda.

Pun sebaliknya, property Anda akan di nilai murah ketika calon pembeli property Anda mendapatkan keuntungan dan kepuasan yang lebih besar dari nominal uang yang harus dikeluarkan untuk membeli property Anda.

Pastikan Anda telah memahami keuntungan apa saja yang property Anda akan berikan kepada pemilik barunya sehingga property Anda layak di pinang oleh konsumen kami.

Jual di waktu yang tepat

Sejumlah agen property lebih memahami waktu-waktu yang tepat saat akan menawarkan sebuah property.

Banyak parameter waktu yang digunakan agar property yang akan dijual ini dapat semaksimal mungkin di terima oleh para calon konsumennya, seperti tidak menjual di moment orang-orang sedang dalam kondisi banyak pengeluaran seperti moment masuk sekolah ataupun saat-saat krisis ekonomi.

Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan jasa agen property seperti Wasilah Realty ketika Anda harus menjual property Anda.

Gunakan Jasa Agen Property

Keberadaan Wasilah Realty sebagai Agen Property akan sangat membantu dalam menjualkan property Anda, karena banyak pekerjaan kecil tapi menyita waktu yang tidak perlu dilakukan selama Anda menjual property Anda.

beli propertiSeperti pekerjaan menemani calon konsumen saat survey lokasi, ataupun melayani pertanyaan dari orang yang tertarik dengan property Anda hingga mengurus urusan surat-surat ke Notaris.

Agen property seperti Wasilah Realty juga memiliki banyak sarana untuk mempromosikan property Anda serta memiliki banyak calon konsumen yang sedang mencari property sehingga property Anda dapat cepat di iklankan kepada calon konsumen yang membutuhkan.

Agen Property yang baik tidak hanya membantu menjualkan property Anda, namun juga dapat menjadi rekan yang baik untuk Anda ketika property yang Anda jual menemui hambatan sulit terjual.

Namun memang perlu Anda pertimbangkan ketika menggunakan jasa agen property bahwa ada komisi penjualan yang harus Anda berikan kepada agen property manakala property Anda terjual.

Umumnya broker atau agen property akan meminta komisi penjualan sebesar 2,5% dari nilai transaksi property di atas 1 Milyar dan 3% untuk nilai transaksi property di bawah 1 Milyar.

Besarnya nilai komisi ini juga sudah diatur dalam peraturan pemerintah.

Oleh karena itu pastikan Anda mendapatkan layanan yang baik dari agen property Anda dan besar kecilnya komisi ini turut mempengaruhi pelayanan yang diberikan agen property sehingga berpengaruh juga pada cepat lambatnya property Anda terjual.

Dan ketika nanti property Anda sudah terjual dan Anda mencari property di tempat yang baru yang menawarkan kemudahan pembayaran yang disediakan, pilihan di website WasilahRealty.com ini dapat menjadi solusi bagi Anda.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *